Bisnis Populer

Kaskus merapat ke Group Djarum

wallpaper-kaskus-01Berita hari ini cukup mengejutkan, setidaknya dipandang dari perpektif investasi IT. Kaskus, forum terbesar sejagat Indonesia mendapatkan investor Grup Djarum lewat anak perusahaan IT nya, Global Digital Prima (GDP). Padahal dulu kalau denger kaskus itu identik dengan tempat sharing gambar-gambar x rated šŸ™‚

Sejatinya kita lihat, Kaskus sebenarnya bukan website dengan aplikasi e-commerce. Bayangkan saja, di forum jual beli saja tidak ada yang namanya kotak isian untuk memasukan harga. Apalagi sampai payment gateway.

Kapitalisasi Kaskus murni dari jumlah usernya yang banyak dan cukup fanatik. Dalam hal ini kaskus adalah fenomena IT. Kemunculannya bahkan lebih dulu dari Facebook.

Menarik selanjutnya untuk kita lihat adalah strategi Djarum dalam meningkatkankan layanan Kaskus. Menurut saya, pertama-tama Kaskus akan mengupgrade aplikasi Forum Jual beli mereka menjadi aplikasi yang lebih serius. Namun tetap dengan tidak menghilangkan kesan suasana forum.

Yang kedua seperti yang dikutip dari DetikNet, mereka akan meluncurkan produk payment Gateway, bernama KasPay. Bagian ini merupakan langkah strategis yang baik untuk menjaring lebih banyak customer ‘formal’. Mereka lebih butuh kepastian transaksi ketimbang cuma mendapatkan jumlah view yang tinggi.

Yang perlu dicermati juga adalah apakah Kaskus akan seperti ebay atau bisa ke amazon, dimana mereka juga akan berlaku sebagai toko dan bukan makelar saja.

Sebagai salah satu penikmat kaskus, (dalam konteks profesional), saya menyukai arah ini. Bagus untuk perkembangan dan pendidikan ecommerce di Indonesia.

Well Done for Kaskus. Ditunggu kabar berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s