Fotografi

Pengalaman foto Low-Light dengan Lumia 1520 AT&T version

ll2

landscape Jakarta dari atas gedung Menara BCA lantai 11

Pertama kali seri Lumia saya uji performa kameranya adalah Lumia 800. Dan saya perlu katanya itu adalah kamera terburuk yang pernah saya pakai. Hasil fotonya bluish, auto whitebalance tidak pernah benar, padahal harganya mahal. Pada kondisi terang matahari, performa sedikit baik, tapi tetap tidak memuaskan untuk ukuran harganya. Terobsesi dengan kamera phone yang baik, saya coba lagi Lumia 920. Kameranya melebih ekspektasi saya, terutama untuk foto low-light. Bahkan dalam postingan saya sebelumnya Lumia 920 sukses dipakai sebagai kamera onboard pada mobil balap.Getaran sirkuit tereduksi dengan baik. Jangan dibandingkan dengan GoPro ya, tentu GoPro paling pas sebagai onboard cam. Tapi untuk Anda yang ingin memanfaatkan satu alat untuk banyak kegiatan, Lumia 920 adalah terbaik. Semua settingan Auto pada kameranya sudah cukup, tidak perlu menjadi ahli fotografi untuk membuat foto low-light bagus.

Waktu berlanjut, Full HD recording menjadi kebutuhan. Pilihan adalah pada Lumia 1520 karena layarnya yang besar dan foto 20MegaPiksel. Karena harga yang mahal saya putuskan untuk beli second saja. Dapatlah Lumia 1520 yellow versi AT&T (unlock). Saya sangat puas dengan dimensi dan ketangguhannya. Namun karena dimensi yang besar, terus terang lumia 1520 menjadi sangat tidak praktis untuk menjadi kamera point and shoot. kalau shutter ditekan dengan satu tangan, hasil foto cenderung shaking. Untuk mengatasi ini digunakan cara touch screen dalam mengambil foto. Touch untuk tentukan fokus dan pakai touch (sentuhan) layar juga untuk mengambil gambar. Dengan demikian foto yang dihasilkan lebih baik karena kamera tidak shaking.

Noise yang dihasilkan pada setingan auto juga cenderung tinggi. Akhirnya saya harus pakai Photoshop untuk reduce noise. Tapi secara umum kemampuan kamera Lumia 1520 dalam menangkap cahaya pada kondisi low light tetaplah membuat saya percaya diri. Berikut hasil-hasil foto dengan Lumia 1520. Sebagai informasi, mata telanjang melihat suasana jauh lebih gelap daripada hasil foto.

ll1

sebelumnya noise pada langit sebelah kanan terasa mengganggu

ll3

saya sedikit menaikan exposure pada hasil foto ini

ll4

Perhatikan ketajaman pada tulisan Hidrant yang masih bisa terbaca. I like this.

ll5

Pada foto ini karena komposisinya noise tidak terlalu mengganggu.

ll6

Ya masih ok lah. Suasana lingkungan memang ekstrim gelapnya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s