MotoGP

Profesionalisme Pembalap Dibalik Post Race Press Conference MotoGp 2015

wawan1   Setelah balapan berlangsung, selalu ada sesi dimana para pembalap menyampaikan kepada jurnalis media tentang situasi balap yang telah terjadi. Sebelumnya penonton, jurnalis hanya bisa menerka-nerka situasi balap melalui pengamatan sendiri. Penonton tidak bisa melihat ekspresi wajah pembalap dibalik helmnya ketika bertarung. Ekspresi wajah adalah salah satu bentuk komunikasi yang bisa penonton saksikan sebagai bagian dari pertunjukan itu sendiri. Para pembalap paham kelemahan ini, oleh karena itu mereka dilatih untuk bagaimana melakukan komunikasi dengan para fans nya melalui wawancara dengan para jurnalis.

Biasanya mereka menyampaikannya dengan bahasa Inggris. Disini penulis melihat bagaimana sikap profesional pembalap-pembalap ini dalam melayani pertanyaan jurnalis. Mereka paham, sebagai bagian dari pertunjukan, para fans mereka membutuhkan informasi detail dari para pembalapnya. Ada risiko mereka tidak akan disukai penonton jIka mereka tidak komunikatif. Meski terlihat natural ketika menyampaikan pernyataan-pernyataan, penulis yakin para profesional ini selalu melatih kemampuan wawancaranya. Terutama penguasaan bahasa. Pada umumnya pembalap podium motogp datang dari negara Italia atau Spanyol dimana bahasa Inggris bukan bahasa utama mereka.

wawan2

Iannone diberikan handuk oleh Rossi untuk menyeka keringat di wajah. (Motogp.com)

Pada suasana wawacara Post Race, terlihat usaha menyenangkan dari para pembalap ini dalam melakukan wawancara. Satu persatu bergantian memberikan pernyataan. Pada satu kesempatan Iannone kesulitan mengungkapkan kata-katanya, sambil terbata dia melirik ke arah Jorge seakan meminta bantuannya. Semua tersenyum dengan suasana itu. Pada kesempatan lain, Valentino memberikan handuk kepada Iannone yang wajahnya terlihat sangat berkeringat ketika menyampaikan pernyataannya. Aksi ini mengundang tawa semua jurnalis dan para pembalap. Iannone menyeka wajahnya dan sambil tertawa berkata,”Bagi saya berbicara seperti ini terasa sulit, tapi saya berjanji meningkatkan kemampuan ini.”

wawan4Pada kesempatan lain giliran Jorge yang terlihat kesulitan mencari istilah yang hendak disampaikan. Kata-katanya sempat terhenti dan melirik ke arah Iannone sambil berpikir keras mengingat istilah yang dia hendak sampaikan. Sampai akhirnya dia temukan juga. Sambil melirik ke arah Iannone, Jorge berseloroh,”Lebih sulit mana balapan atau jawaban untuk para jurnalis ini? Kamu tampak berkeringat sekali sekarang.” Disindir demikian Iannone hanya tertawa dan akhirnya semua tertawa juga.

Ada sesuatu yang berbeda pada format wawancaara Motogp Musim 2015 ini. Para pembalap peraih podium mendapat kesempatan dua kali wawancara yaitu pada saat sesaat sebelum penyerahan piala dan dilanjut wawancara yang lebih panjang untuk journalist dalam format press conference. Wawancara yang pertama pembalap dipersilahkan mengungkapkan pernyataan pendek mereka atas balapan yang sudah terjadi. pernyataan pembalap biasanya hanya satu dua kalimat panjang dilakukan dilokasi motor para juara diparkir. Wawancara ini dilakukan sambil berdiri. Musim lalu format wawancara model ini digabung dengan wawancara utama. Biasanya wawancara sesi pendek ini ditayangkan di televisi.

wawan3

motogp.com

Yang kedua adalah wawancara yang lebih panjang pada. Tidak semua televisi menayangkannya. Formatnya tanya jawab dengan lebih banyak jurnalist dan lebih banyak pertanyaan berkualitas. Wawancara ini bisa memakan waktu sampai setengah jam. Disini pembalap lebih banyak mengungkapkan detail-detail suasana balapan dan strategi yang mereka pakai ketika balapan. Disini biasanya terlihat daya tarik pembalap dalam berkomunikasi dimunculkan. Yang lebih komunikatif biasanya lebih banyak ditanya. Valentino sudah terbukti piawai dalam situasi ini, selalu menarik perhatian jurnalis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s